Merancang Soal Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika adalah salah satu tujuan pembelajaran yang termuat dalam kurikulum yang dikeluarkan oleh BNSP (2006). Ada beberapa indikator dalam berpikir kritis ,yaitu:

  1. Fokus (focus) pada pokok permasalahan.
  2. Alasan (reason) yang diberikan logis dan sesuai dengan fokus permasalahan.
  3. .Kesimpulan (inference) diambil berdasarkan alasan yang tepat.
  4. Situati (situation); Mencocokkan dengan situasi sebenarnya.
  5. Kejelasan (clarity; Adanya kejelasan mengenai istilah argumen yang digunakan sehingga tidak salah dalam mengambil kesimpulan.
  6. Tinjauan ulang (overview); Mengecek kembali yang sudah diputuskan.

Untuk merancang soal matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis seorang pengajar (guru) harus mengerti benar apa yang diinginkan soal dan indikator mana yang akan dikembangkan. Satu soal dapat saja memuat beberapa indikator yang ingin dikembangkan, namun tetap saja harus mempertimbangkan kemampuan siswa. Hal yang tidak kalah penting harus diperhatikan adalah bahwa berpikir kritis sebagai salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga tidak semua siswa dapat mencapai tingkat ini dengan baik. Peran  dan bimbingan seorang guru sangat diperlukan agar kemampuan tersebut dapat dimiliki  setiap siswa.

Beberapa langkah untuk menyusun soal berpikir kritis, yaitu:

1.Pilih materi yang sesuai.

Materi yang sesuai yang dapat dikembangkan menjadi soal berpikir kritis adalah materi yang mengajak anak menggunakan pikirannya untuk memahami soal sebelum menyelesaikannya.

2. Tentukan indikator  berpiki kritis  dalam permasalahan yanng akan diberikan

Menentukan indikator penting, karena hal ini akan menjadi focus dalam penyelesaian yang diharapkan.

3. Soal sebaiknya dalam bentuk uraian.

Contoh:

Materi       : Trigonometi

Kelas         : X

Semester : 2

Indikator Berpikir Kritis : Memberikan alasan yang logis dan mengambil kesimpulan dengan alasan tepat

Soal :

Jika segitiga ABC siku-siku di C pernyataan berikut yang salah adalah :

a. AB + BC > AC

b. sin B < sin (A + B)

c. Jika AB > BC maka  sdtA >  sdtB

Jelaskan alasanmu!

Untuk menyelesaikan soal ini siswa diharapkan dapat menggunakan perbandingan trigonometri dengan baik dan juga siswa memahami sifat-sifat pada segitiga siku-siku. Alasan yang diberikan siswa adalah indikator berpikir kritis yang diinginkan.

Tentang farihamutia

Guru yang menyenangi matematika
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s